SUTARDI,S.Pd

Kunjungi Profil

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Projek Based Learning

Pendidikan merupakan salah satu tolak ukur bagi kemajuan suatu bangsa. melalui pendidikan, sumber daya manusia dapat dibangun, kecerdasan bangsa dapat ditingkatkan dan kesejahteraan juga dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Peningkatan mutu pendidikan sangat dipengaruhi oleh beberapa aspek salah satunya adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru.

Pada mata pelajaran matematika seringkali dianggap momok yang sulit bagi para siswa. Hal tersebut terjadi dikarenakan para siswa tidak paham dengan materi yang disampaikan oleh guru. Guru dalam menerangkan pelajaran cenderung menggunakan model konvensional seperti ceramah. Akibatnya siswa menjadi bosan, kurang tertarik sehingga menyebabkan mereka tidak mampu menyerap ilmu yang disampaikan oleh guru selain itu menurut Hasil penelitian Polio dalam Silberman (2012:24) menyatakan bahwa pembelajaran yang menggunakan gaya ceramah, siswa kurang menaruh perhatiannya selama 40% dari seluruh waktu pembelajaran. Oleh karena itu guru harus melakukan berbagai upaya agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik. Pada kelas 7 SMP Negerii 1 Baturetno menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam memecahkan soal-soal Persamaan linier satu variabel. Pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penggunaan model Project Based Learning adalah mengajarkan siswa untuk dapat bekerja secara kolaboratif dalam memecahkan masalah serta menghasilkan suatu proyek dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran ini guru hanya berfungsi sebagai fasilitator saja, karena pembelajaran yang bersifat ceramah (teacher centered) diyakini kurang memberikan dampak yang berarti bagi siswa. Dengan model pembelajaran Project Based Learning diharapkan dapat melatih kerja sama dalam menyelesaikan masalah dengan pembentukan kelompok, pembelajarannya menarik dan mendorong siswa untuk terjun kedalamnya, tidak monoton karena diselingi sedikit hiburan sehingga suasana tidak menegangkan serta siswa lebih semangat belajar karena suasana pembelajaran berlangsung menyenangkan sehingga mampu membantu siswa dalam meraih nilai yang tinggi.

Menurut The George Lucas Educational Foundation (George Lucas, 2005) mengemukakan pendapat bahwa langkah-langkah pembelajaran Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Volume 2 Nomor 1 (Januari) 2019, Hal. 194-204 197 menggunakan Project Based Learning adalah sebagai berikut: 

  1. Dimulai dengan pertanyaan yang esensial
  2. Perencanaan aturan pengerjaan proyek
  3. Membuat jadwal aktivitas
  4. Memonitor perkembangan proyek peserta didik
  5. Penilaian hasil kerja peserta didik
  6. Evaluasi pengelaman belajar peserta didik.

Dari proses pembelajaran dengan model pembelajaran Project Based Learning. Belajar matematika lebih menyenangkan , sehingga meningkatkan hasil belajar siswa dalam memecahkan soal-soal Persamaan Linier Satu Variabel di kelas 7 SMP Negeri 1 Baturetno Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri

---

Penulis: Sutardi,S.Pd.

Editor: Putra


Komentar (1)

Tuliskan Komentar Anda

Komentar Terbaru

Dra. Indah Aryati, MM.Pd.
6 bulan yang lalu

Tulisan yang bagus Pak .. Lebih sempurna lagi jika disertai poto siswa saat pembelajaran Matematika dengan PBL.. Semangat terus Pak Guru..